Detail Cantuman

Image of Penentuan nilai eigen pada voltage collapse saluran transmisi 150 kV dengan modal analysis

Text

Penentuan nilai eigen pada voltage collapse saluran transmisi 150 kV dengan modal analysis



Kebutuhan akan tenaga listrik dari pelanggan selalu bertambah dari waktu ke waktu. Untuk tetap dapat melayani kebutuhan tenaga listrik dari pelanggan, maka sistem tenaga listrik haruslah dikembangkan seirama dengan kenaikan kebutuhan akan tenaga listrik dari para pelanggan.
Masalah voltage collapse adalah suatu masalah yang serius dalam sistem kelistrikan pada banyak negara. Masalah ini sangat penting sekali dalam pengoperasian dan perencanaan sistem tenaga listrik. Sistem tenaga listrik dikatakan dalam kondisi stabil bila seluruh variabel keadaannya stabil, baik tegangan bus atau frekuensi sistem. Stabilitas tegangan sangat bergantung pada kemampuan sistem mempertahankan kondisi tegangan pada seluruh bus, baik dalam keadaan operasi normal maupun setelah terjadi gangguan.
Ketidakmampuan sistem tenaga untuk memenuhi permintaan daya kapasitas besar dan adanya pembebanan yang berlebihan maka tegangan pada bus dalam keadaan tidak stabil sehingga menyebabkan voltage collapse. Di mana voltage collapse merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat penurunan stabilitas tegangan pada bus yang jauh dibawah kondisi normal, jika tidak segera ditangani maka kondisi tersebut akan mempengaruhi penurunan stabilitas tegangan bus-bus yang lain secara cepat dan mengakibatkan sistem black out. Melihat realita kondisi saluran transmisi wilayah
Sulawesi Selatan secara umum tidak menutup kemungkinan akan terjadi voltage collapse, untuk itu harus diadakan studi khusus atau penelitian tentang voltage collapse pada bus-bus saluran transmisi lingkup wilayah Sulawesi Selatan agar kestabilan sistem transmisi wilayah Sul-Sel itu sendiri dapat terjaga.
Berdasarkan hal tersebut di atas maka kami membuat dan menyusun buku ini dengan judul “Penentuan nilai eigen pada voltage collapse saluran transmisi 150 kV dengan Modal Analysis".
Buku ini terdiri dari:
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Tinjauan Pustaka
Bab 3 Sistem Jaringan Transmisi Sulawesi Selatan
Bab 4 Hasil dan Pembahasan
Bab 5 Kesimpulan dan Saran



Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Lampiran Berkas


Informasi Detil

Penerbit Rizky Artha Mulia : Makassar.,
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-7010-33-3
Tipe Pembawa
Online Resource
Edisi
-
Subyek


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this


E-books UIN Alauddin Makassar

E-books UIN Alauddin Makassar coming soon.
Info selengkapnya