Detail Cantuman

Image of Politik Islam dalam sorotan: ketegangan antara pemikiran dan aksi

Electronic Resource

Politik Islam dalam sorotan: ketegangan antara pemikiran dan aksi



Seperti dua sisi mata uang, begitulah seringkali dimisalkan hubungan antara Islam dan politik. Begitulah kenyataannya, justeru persoalan pertama-tama yang muncul di dalam Islam sebagai agama adalah persoalan politik, bukan persoalan agama dalam artinya yang sempit. Bahkan, bukan persoalan ibadah yang oleh pada umumnya kaum Muslimin dipandang sebagai persoalan yang amat prinsipil.
Islam pun muncul sebagai kekuatan dunia baru, dalam sejarahnya yang paling dini adalah ketika Islam sebagai kekuatan politik tampil mengancam kekuatan politik dunia pada masa itu, yaitu Kekaisaran Rumawi Bizantium dan Kekaisaran Persia. Segera setelah Nabi Muhammad, Rasul pembawa wahyu Islam, meninggal, Islam sebagai kekuatan politik berdampingan sebagai kekuatan militer sudah menaklukkan Kekaisaran Persia dan selanjutnya terus menerus menjadi ancaman terhadap wilayah-wilayah kekuasaan Rumawi Bizantium.
Tentu bukan suatu keanehan kalau pada masa sekarang, Islam semakin sering dikaitkan dengan gerakan dan pergolakan politik pada banyak negeri di dunia. Isu-isu politik global seringkali dikaitkan dengan Islam. Sebenarnya, bagi kalangan terpelajar yang memusatkan perhatiannya kepada studi-studi Islam, akan memahami kaitan tersebut kalau menyadari bahwa wahyu Islam adalah wahyu terakhir yang dikomunikasikan oleh Tuhan kepada manusia pilihan-Nya. Sebagai wahyu terakhir, tentu Islam akan menjadi tolok ukur bagi pernyataan wahyu-wahyu Tuhan yang telah Dia komunikasikan sebelumnya kepada orang-orang pilihan-Nya, selain bahwa wahyu Islam, bersama-sama kebenaran wahyu-wahyu sebelumnya, akan menjadi pedoman abadi bagi umat manusia pada zaman-zaman selanjutnya. Sehingga, kalau politik diartikan pula sebagai pengaturan susunan masyarakat, maka dapat dipastikan wahyu Islam berbicara banyak menyangkut hal tersebut.
Buku yang berbicara mengenai Islam dan politik ini, semula merupakan tulisan-tulisan yang masing-masing berdiri sendiri. Ada di antaranya yang ditulis ketika penulis masih menempuh kuliah Doktoral pada IAIN (kini UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1990-an. Sedang tulisan-tulisan lainnya, pada umumnya ditulis ketika penulis sudah kembali ke kota tempat bekerja, Makassar, setelah menyelesaikan studi di Jakarta. Tulisan-tulisan itu dibuat untuk berbagai macam forum untuk didiskusikan sesuai dengan dinamika perkembangan masyarakat di mana penulis berada di dalamnya. Dengan demikian, buku ini boleh juga dikatakan respons dan sikap politik yang berkembang di tengah masyarakat.
Secara umum, buku ini terbagi dalam dua bagian:
Bagian 1 Politik Islam dan Kekuasaan dalam Bingkai Pemikiran Politik Islam
Bagian 2 Islam dan Pemikiran Politik di Indonesia



Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Lampiran Berkas


Informasi Detil

Penerbit Alauddin University Press : Makassar.,
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-237-251-6
Tipe Pembawa
Online Resource
Edisi
-
Subyek


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this


E-books UIN Alauddin Makassar

E-books UIN Alauddin Makassar coming soon.
Info selengkapnya