Record Detail

Image of Tarekat dan mistisme dalam Islam

Text

Tarekat dan mistisme dalam Islam



Menurut lbnu Khaldun dalam "Muqaddimah"nya menyatakan bahwa tasawuf adalah salah satu di antara ilmu-ilmu syari'at yang baru tumbuh dalam agama Islam. Asal mulanya adalah dari amal perbuatan salaf al-shaalihiin, dari sahabat-sahabat Nabi, para Tabi'in, dan orang-orang yang sesudah itu. Maksudnya ialah menuruti jalan kebenaran dan petunjuk Allah (hidayah). Tasawuf adalah nama lain dari mistisisme dalam Islam, dan oleh kaum orientalis Barat disebut sufisme. Kata sufisme dalam istilah Barat khusus dipakai untuk istilah mistisisme dalam Islam. Sufisme tidak dipakai untuk mistisisme yang terdapat dalam agama-agama lain. Telah disebutkan bahwa ada segolongan umat Islam yang belum merasa puas dengan pendekatan kepada Tuhan melalui ibadat, salat, puasa dan haji. Mereka ingin merasa lebih dekat lagi dengan diri Tuhan. Bahkan kalau bisa menyatu dengan Allah melalui jalan dan cara, yaitu Maqaamat dan Ahwaal.
Mistisisme bertujuan memperoleh suatu hubungan khusus langsung dari Tuhan. Hubungan yang dimaksud adalah sebagai manifestasi manusia sebagai hamba yang harus senantiasa mengabdikan dirinya kepada Allah Swt. Tasawuf mengajarkan cara menyucikan diri, meningkatkan moral dan membangun kehidupan jasmani dan rohani guna mencapai kebahagiaan abadi. Unsur utama tasawuf adalah penyucian jiwa, dan tujuan akhirnya adalah kebahagiaan dan keselamatan abadi.
Istilah tasawuf belum ada pada zaman Rasulullah Saw., sebab penamaan cabang- cabang ilmu syari'at belum ada pada waktu itu, tetapi praktek-praktek ilmu tersebut sudah ada sejak zaman Rasulullah Saw. Dalam perkembangannya tasawuf mendapatkan berbagai kendala, ada pendapat yang mengatakan bahwa tasawuf bukan berasal dari Islam itu sendiri tetapi merupakan pengaruh dari ajaran-ajaran agama lain. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya, dalam buku ini penulis akan memaparkan beberapa persoalan yang berhubungan dengan asal-usul tasawuf dan sejarah perkembangannya.
Buku ini terdiri dari:
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Defenisi Dan Sejarah Perkembangan Tasawuf Dalam Islam
Bab 3 Maqamat (Stasion) Dalam Tasawuf
Bab 4 Gerakan Zuhud Dan Wara Dalam Tasawuf
Bab 5 Deretan Sufi Besar Di Dunia Islam
Bab 6 Tasawuf Nusantara
Bab 7 Sufisme Dan Kemanusiaan



Availability

eB190004297.4 MUS tPrinted Ordered (Rp. 00.000)Available

File Attachment


Detail Information

Publisher Alauddin University Press : Makassar.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-237-583-8
Carrier Type
Online Resource
Edition
-
Subject(s)


Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


E-books UIN Alauddin Makassar

E-books UIN Alauddin Makassar coming soon.
Info selengkapnya