Record Detail

Image of Pilar-pilar pendidikan karakter

Text

Pilar-pilar pendidikan karakter



Buku yang berjudul pilar-pilar pendidikan karakter ini merupakan hasil adaptasi, inovasi, dan percikan pemikiran yang bersumber dari hasil perenungan penulis tentang sulitnya mencari referensi klasik yang berkenaan dengan konsep pendidikan karakter yang sekarang ini banyak dipopularkan oleh pemerhati pendidikan di Indonesia. Pendidikan karakter yang dipandang sebagai solusi cerdik dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa bukan saja hadir sekedar menjadi wacana dan perbincangan di media massa dan forum-forum diskusi ilmiah, melainkan juga telah terintegrasi dalam kebijakan penyelenggaraan menjadi program yang pendidikan dasar, menengah, dan bahkan pada tingkat pendidikan tinggi. Di UIN sendiri pembangunan karakter ( character building) merupakan pilar-pilar strategis pembangunan DIN paling tidak selama empat tahun ke depan, karena merupakan program unggulan melalui character building training, program intesifikasi bahasa asing, dan baca tulis al-Quran. Ketiga program ini merupakan bentuk partisipasi UIN dalam pembangunan karakter dan budaya bangsa yang akhir-akhir ini nampaknya semakin terkoyak.
Sejak dilaksanakan sarasehan nasional tentang pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang diselenggarakan pada tanggal 14 Januari 2010 yang diharapkan menjadi modal kolektif bagi pengambil kebijakan untuk merumuskan sejumlah konsep dasar, model pendidikan budaya dan karakter bangsa masih menyisahkan sejumlah pertanyaan klasik terutama apa sebenarnya yang dimaksud dengan pendidikan budaya dan karakter itu? Mengapa pentingnya pendidikan budaya dan karakter bangsa, dan bagaimana mengimplementasikan dalam konteks pendidikan nasional? Dengan meramu pertanyaan­ pertanyaan tersebut di atas, secara bertahap penulis melakukan kajian komprehensif sehingga dapat dituangkan dalam keseluruhan isi buku ini.
Oleh karena itu, buku ini diawali dengan hakekat pendidikan karakter yang dimulai dengan pembahasan mengenai kondisi aktual masyarakat Indonesia saat ini, definisi dan prinsip-prinsip pendidikan karakter. Bagian kedua penulis menguraikan pentingnya memahami landasan pendidikan karakter untuk menjadi rujukan yang jelas dalam pembahasan berikutnya. Di sini, penulis melihat pendidikan karakter dari empat landasan, yakni landasan psikologi dengan maksud untuk menjabarkan teori-teori psikologi pendidikan dalam membangun nilai-nilai budaya dan karakter. Penulis juga memasukkan landasan moral etika, dan juga agama untuk menggali nilai-nilai karakter yang perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan.
Setelah mengupas landasan pendidikan karakter, perlu menguraikan pilar-pilar pendidikan karakter yang mencakup pilar-pilar pendidikan karakter menurut count dan empat pilar pendidikan karakter di Indonesia saat ini, yakni olah pikir, olah hati, olah rasa, sampai pada olah raga. Pada bagian keempat, penulis lebih dalam lagi membahas tentang olah pikir yang terdiri atas keingintahuan, kecerdasan, dan sistem berpikir. Ketiga sub bagian itu dimaksudnya untuk memberi gambaan bagaimana karakter­-karakter cerdas, kritis, kreatif, inovatif, berpikir terbuka, berpikir produktif, berorientasi ipteks, dan berpikir reflektif dapat menjadi bagian dalam mengasa pikir peserta didik.
Penulis juga membahas tentang olah hati yang mencakup nilai-nilai karakter seperti kejujuran, amanah, keadilan, akuntabilitas, keberanian, keandalan,. tahan uji. Nilai-nilai karakter yang perlu dikembangkan melalui pembahasan pada olah hati ini adalah beriman dan bertakwa, jujur, amanah, adil, tanggungjawab, berimpati, berani, mengambil resiko, pantang menyerah, rela berkorban, dan berjiwa patriotik. Setelah itu, penulis membahas olah rasa pada bagian keenam yang mencakup kesopanan (sopan-santun), toleransi • (lapang dada), nasionalis, dan tolong-menolong. Kemudian, dilanjutkan
dengan olah raga yang mencakup kedisiplinan, sportifitas, kemandirian, keuletan, dan ketangguhan. Pada buku ini juga, dibahas mengenai Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Transdisiplinaritas, Urgensi
Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa, Menumbuhkan Karakter Melalui Akulturasi Minat Baca Anak, Perkembangan Intelelektual Manusia sebagai Pencerminan Pembentukan Karakter, dan Memahami Hak dan Perlindungan Anak dalam Masyarakat Multikultural sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa.
Buku ini terdiri dari:
Bab 1 Hakekat Pendidikan Karakter
Bab 2 Landasan Pendidikan Karakter
Bab 3 Pilar-Pilar Pendidikan Karakter Nasional
Bab 4 Pilar-Pilar Pendidikan Karakter Menurut Character Counts
Bab 5 Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Melalui Transdisiplinaritas
Bab 6 Urgensi Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa
Bab 7 Menumbuhkan Karakter Melalui Akulturasi Minat Baca Anak
Bab 8 Perkembangan Intelelektual Manusia sebagai Pencerminan Pembentukan Karakter
Bab 9 Memahami Hak dan Perlindungan Anak dalam Masyarakat Multikultural sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa
Bab 10 Understanding Rights And Protection Of Children In Multicultural Society As An Effort To Build A Nation Character



Availability

No copy data


File Attachment


Detail Information

Publisher Alauddin University Press : Makassar.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-237-342-1
Carrier Type
Online Resource
Edition
-
Subject(s)


Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


E-books UIN Alauddin Makassar

E-books UIN Alauddin Makassar coming soon.
Info selengkapnya