Record Detail

Image of Nation state dan kejatuhan nasionalisme: kajian atas pemikiran driyarkara

Text

Nation state dan kejatuhan nasionalisme: kajian atas pemikiran driyarkara



Buku ini merupakan kajian filosofis atas pandangan Driyarkara tentang negara bangsa. Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh krisis kebangsaan sekarang ini yang sering ditengarai karena nilai-nilai falsafah dan pandangan hidup mengalami apa yang disebut kejatuhan atau kebangkrutan secara mendasar. Khususnya ketika bangsa Indonesia belakang ini memperlihatkan kemunduran dalam menghargai Pancasila. Ditengarai bahwa hal ini terjadi bukan hanya karena faktor ambruknya tatanan ekonomi global, sehingga Indonesia menjadi bangsa yang lemah di bidang sosial, ekonomi, dan politik, tetapi juga secara internal euforia reformasi yang kebablasan, perilaku kepemimpinan semua level telah menyebabkan krisis ini berubah menjadi ancaman serius yang menjerumuskan sendi-sendi kehidupan yang paling utama, yaitu nilai-nilai falsafah bangsa.
Permasalahan ini bertolak belakang dengan rumusan untuk apa mendirikan negara. Negara bangsa adalah suatu gagasan tentang negara yang didirikan untuk seluruh bangsa atau untuk seluruh umat, berdasarkan kesepakatan bersama yang menghasilkan hubungan kontraktual dan transaksional terbuka antara pihak-pihak yang mengadakan kesepakatan itu. Negara Bangsa merupakan basil sejarah alamiah yang semi kontraktual dimana nasionalisme merupakan landasan bangunannya yang paling kuat.
Dengan demikian bangsa (nation) merupakan suatu badan atau wadah yang didalamnya terhimpun orang-orang yang
memiliki persamaan keyakinan dan unsur-unsur lain seperti ras, etnis, agama, bahasa dan budaya. Gabungan dari dua ide tentang bangsa (nation) dan negara (state) tersebut terwujud dalam sebuah konsep tentang negara bangsa atau lebih dikenal dengan Nation-State dengan pengertian yang lebih luas dari sekedar sebuah negara dalam pengertian state.
Buku ini terdiri dari beberapa bab, yaitu:
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Relevansi Ketokohan Driyarkara
Bab 3 Nation State
Bab 4 Kejatuhan Nasionalisme
Bab 5 Refleksi Kritis



Availability

eB190019320.54 MUS nPrinted Ordered (Rp. 00.000)Available

File Attachment


Detail Information

Publisher Alauddin University Press : Makassar.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-237-657-6
Carrier Type
Online Resource
Edition
-
Subject(s)


Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


E-books UIN Alauddin Makassar

E-books UIN Alauddin Makassar coming soon.
Info selengkapnya